Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Toko Bangunan CV.Cipta Perkasa Jaya
Proses pengambilan keputusan
pembelian pada setiap orang pada dasarnya sama, yang membedakan proses
pengambilan keputusan tersebut adalah ciri kepribadian, usia, pendapatan dan
gaya hidup masing-masing konsumen. Tindakan pengambilan keputusan tersebut meliputi keputusan
tentang jenis dan manfaat pproduk, keputusan tentang bentuk produk, keputusan
tentang merek, keputusan tentang jumlah produk, keputusan tentang penjualnya
dan keputusan tentang waktu pembelian serta cara pembayarannya.
CV.Cipta Perkasa Jaya merupakan
salah satu bisnis yang bergerak di bidang penjualan bangunan, diharapkan dapat
menawarkan sesuatu yang diharapkan dapat menjaring minat konsumen lebih banyak
lagi. Produk yang berkualitas bagi konsumen sehingga konsumen dapat merasakan
manfaat dari produk yang dibelinya.
Kualitas produk merupakan
kemampuan sebuah produk jasa dalam memperagakan fungsinya, yang termasuk dalam keseluruhan
durabilitas, reliabilitas, ketepatan, kemudahan pengoperasian dan reparasi
produk dan atribut produk lainnya. Kualitas produk merupakan karakteristik dari
suatu produk dapat memuskan kebutuhan konsumen atau dengan kata lain produk
tersebut memberikan manfaat sesuia dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.
Kualitas yang ditawarkan oleh produk bahan bangunan semakin baik mengakibatkan
makin tinggi pula citra merek produk bahan bangunan di mata konsumen, sebab konsumen
merasa produk tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh
konsumen.
Kualitas layanan mendefinisikan
adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Kualitas
pelayanan, Konsumen akan memilih minimarket dengan kualitas pelayanan yang
ramah, cekatan, serta memanjakan konsumen, sehingga konsumen akan merasa nyaman
dalam membeli bahan bangunan di Toko Bangunan Mranggen CV.Cipta Perkasa Jaya tersebut.
Keputusan untuk membeli suatu
produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan bentuk kualitas produk tersebut.
Tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat
perusahaan yang p0bergerak diberbagai
bidang usaha berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki
demi mempertahankan citra merek produk yang mereka miliki. Merek mempunyai
sifat khas, dan sifat khas inilah yang membedakan produk yang satu berbeda
dengan produk yang lainnya, walaupun sejenis. Fungsi utama citra merek adalah
untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana konsumen memilih diantara merek
alternatif setelah melakukan pengambilan informasi.
Berbagai upaya dilakukan
perusahaan dalam rangka mempertahankan Citra Merek yang mereka miliki di
antaranya inovasi teknologi keunggulan yang dimiliki produk tersebut, penetapan
harga yang bersaing dan promosi yang tepat sasaran. Semakin baik Citra Merek
produk yang dijual maka akan berdampak pada keputusan pembelian oleh konsumen.
Keputusan pembelian meruupakan keputusan yang melibatkan persepsi terhadap
kualitas produk, kualitas layanan, dan citra merek. Konsumen tidak hanya
menggunakan harga sebagai indikator kualitas tetapi juga sebagai indikator
biaya yang dikorbankan untuk ditukar dengan produk atau manfaat produk.
Komentar
Posting Komentar